Polda DIY Berhasil Ringkus 3 Penambang Ilegal

Tribratanews.polri.go.id – Yogyakarta. Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil menangkap tiga orang yang diduga melakukan penambangan ilegal. Ketiga terduga yang berinisal DW (53), WT (22) dan EA (30) ditangkap saat membawa alat berat untuk menambang dan truk pengangkut.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsusu) Polda DIY, Kombes Pol. Tony Surya menerangkan, tiga tersangka ini telah ditahan sejak 14 Juli. Penambangan uang dilakukan di bekas lokasi bencana longsor di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

“Ketika kepergok, mereka berdalih untuk mengantisipasi agar tidak terjadi longsor lagi,” jelas Dirreskrimsus saat di kantor Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY, Kamis, (1/8).

Dalam operasi mereka, DW berperan sebagai penyandang dana atau pemilik alat, WT berperan mencatat hasil penambangan, dan EA mengendalikan operasional penambangan.

Penambangan ilegal ketiga tersangka sudah beroperasi sekitar empat bulan. Dari hasil penambangan sebagian dijual untuk proyek pembangunan rumah pribadi.

Adapun barang bukti yang disita yakni satu unit alat berat; dua unit damp truk; uang hasil penambangan sekitar Rp1,3 juta, dua buat HT, serta di buah buku catatan penjualan hasil penambangan

“Kami mengimbau masyarakat apabila mendapati penambangan ilegal atau tanah bukit yang dikelola dengan alat berat bisa menanyakan perizinannya,” imbau Dirrekrimsus.

Atas perbuatnya ketiga tersangka dijerat dengan pasal 158 UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara. Ancaman pidananya maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp10 miliar. Selain itu, dengan Pasal 55 ayat 1 ke 1 dan Pasal 56 ayat 1 KUHP.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password