Wakapolda Ajak Serius Tangani Karhutla di Kalimantan Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Palangkaraya. Wilayah Kota Palangkaraya saat ini telah ditetapkan siaga bencana asap akibat pembakaran lahan. Hal tersebut membuat banyak kalangan prihatin karena belakangan asap semakin pekat.

 

Wakapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.M., mengunjungi Polres Palangkaraya untuk memastikan langkah-langkah dan kesiapan yang telah dilakukan oleh Polres Palangkaraya.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolda Kalimantan Tengah memberikan arahan dan mengajak seluruh pemangku kebijakan di Polres Palangkaraya beserta personel untuk melakukan segala upaya mencegah kebakaran lahan semakin meluas dan tidak terkendali.

 

“Lakukan tindakan preventif dengan melibatkan seluruh elemen pemerintahan serta masyarakat dengan selalu meningkatkan koordinasi agar dalam upaya pencegahan terhadap pembakaran lahan bisa lebih efektif. Namun bila telah terjadi pembakaran lahan selain segera melakukan pemadaman titik api agar tidak terus meluas juga lakukan upaya represif dengan penegakan hukum agar ada efek jera,” jelas Wakapolda Kalimantan Tengah.

Wakapolda juga berharap dalam setiap penanganan kebakaran lahan selalu mempertimbangkan jumlah orang yang akan dikerahkan untuk melakukan pemadaman, biaya yang harus disiapkan, alat sarana dan prasarana serta metode apa yang digunakan untuk melakukan pemadaman gunakan (men, money, material dan metode) agar dalam pelaksanaan lebih efektif.

 

Tidak lupa Wakapolda memerintahkan  jajaran agar segera memetakan wilayah rawan kebakaran di Kota Palangka Raya, mendata lokasi sumur bor yang ada dan berkoodinasi untuk pengadaan sumur bor di daerah rawan pembakaran lahan. Pentingnya penegakan hukum dalam penanganan kebakaran lahan.

 

Sebagai penutup Wakapolda mengingatkan kepada seluruh personel bahwa Polri bukan hanya sebuah pekerjaan namun juga lading pengabdian.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password