Polda Sulsel Tangkap 2 Siswa SMK Peretas Admin Grup Medsos

Tribratanews.polri.go.idMakassar. Direktorat Tindak Pidana Siber Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan berhasil mengungkap kasus peretasan akun Facebook warga Makassar. Dua orang pelaku ditangkap karena menggunakan akses ilegal terhadap akun orang lain untuk kemudian dijual.

Pelaku utama peretasan berinisial JF, 17 tahun, pelajar kelas XII sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Dia bekerja sama dengan pelaku lain di Kota Palembang, Sumsel, bernama Dicky Arwanda, 23 tahun, yang berperan sebagai penadah.

Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel AKBP Musa Tampubolon menjelaskan bahwa pelaku Peretas terse mengambil alih akun Facebook korban untuk menguasai grup yang berisikan banyak anggota. I Wayan diketahui sebagai salah satu admin grup Lembaga Info Kejadian Makassar Kota (L-IKMK), yang memuat tukar informasi terkini dari masyarakat Makassar. Grup itu punya ratusan ribu anggota.

Setelah menguasai akun admin grup, JF menjual akun hasil kejahatannya kepada tersangka Dicky seharga Rp500 ribu. Adapun Dicky menjual lagi akun tersebut seharga Rp1,7 juta kepada orang yang kini masih dalam pencarian Polisi.

AKBP Musa Tampubolon menjelaskan, peretasan yang dlakukan oleh tersangka J sudah dilakukan sejak setahun terakhir. Namun, aparat kepolisian baru mendeteksinya sejak beberapa bulan yang lalu.

Perwira menengah Polda Sulsel mengatakan tindakan yang dilakukan oleh J ini sudah berskala nasional dengan membobol akun grup informasi masyarakat yang berada di Makassar, dan sebagian di Pulau Jawa. Polisi juga menelusuri akun media sosial lain yang juga diduga di-hack oleh tersangka J.

“Ada beberapa akun Youtube dan Instagram yang berhasil dibobol oleh pelaku,” tutup Kasubdit V Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Atas perbuatannya pelaku terancam kurungan 8 tahun penjara dan denda Rp800 Juta sesuai pasal 46 ayat (3) jo pasal 30 (ayat) tentang informasi dan transaksi elektronik.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password