Polri Segera Usut Kasus Jual Beli Data Kependudukan

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri terus menyelidiki kasus jual beli data kependudukan secara online di grup tertutup Dream Market Official.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. menyampaikan bahwa pihaknya akan mencek akun yang telah mengunggah informasi tersebut.

“Dari Direktorat siber tadi pagi sudah saya konfirmasi, akan mendalami dulu. Setelah yang jelas akun itu harus betul-betul teridentifikasi siapa pemilik akun yang sebenarnya, yang memang melakukan illegal akses seperti itu, kalau memang nanti terbukti (ada unsur pidana),” kata Karo Penmas Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (29/07/19).

Selain itu, Mantan Wakapolda Kalteng tersebut juga menjelaskan jika unggahan-unggahan itu mengandung unsur tindak pidana maka akan dilakukan dengan membuat laporan model A atau laporan yang dilakukan oleh pihak kepolisian sebagai prosedur penyelidikan. Pihaknya juga akan meminta keterangan saksi ahli.

“Nanti kalau terbukti perbuatannya, harus ada dari saksi ahli hukum pidana yang bisa menjelaskan tentang perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh pemilik akun tersebut,” tutur Jenderal Bintang Satu.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password