Polda Aceh Gelar Latpraops Sikat Rencong 2019

 

Tribratanews.polri.go.id – Banda Aceh. Kepolisian Daerah Aceh (Polda Aceh) melaksanakan latihan pra operasi (Latpraops) Sikat Rencong 2019 di ruang Machdum Sakti. Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Drs. H. Rio S. Djambak, membuka Latpraops tersebut, didampingi oleh Wakapolda, Irwasda, dan Para Pejabat Utama serta sejumlah Perwira Polda Aceh, Senin (29/07/19).
Peserta Latpraops tersebut terdiri dari Para Kabag Ops, Kasat Reskrim jajaran Polres dan Personel Polda Aceh lainnya. Saat pembukaan Latpraops itu ditandai dengan penyematan tanda peserta Latpraops Sikat Rencong 2019.

Pada kegiatan itu Wakapolda Aceh, Brigjen Pol. Drs. Supriyanto Tarah, M.M. membacakan sambutan tertulis Kapolda Aceh, yang isinya Kapolda mengatakan dari data kasus curanmor selama tiga tahun terakhir, tahun 2017 terjadi 820 kasus, yang terungkap 289 kasus, tahun 2018 terjadi 731 kasus dengan 179 kasus berhasil terungkap dan tahun 2019 sampai dengan bulan juli telah terjadi 319 kasus curanmor dengan 97 kasus yang baru berhasil diungkap.
Tingginya kasus curanmor yang terjadi tentunya dilatarbelakangi oleh berbagai faktor yang perlu antisipasi kita bersama, seperti tingginya kebutuhan kendaraan bermotor baik untuk transportasi, kegiatan ekonomi ataupun untuk meningkatkan prestise di masyarakat, sehingga hampir semua masyarakat memiliki minat yang besar untuk memiliki kendaraan bermotor.

Keterbatasan ekonomi akan menjadi salah satu penyebab munculnya keinginan seseorang untuk melakukan pencurian.

Lanjut Wakapolda, pencurian kendaraan bermotor dengan berbagai modus operandinya merupakan kejadian yang sangat meresahkan karena selain menimbulkan korban harta, kadang juga menimbulkan korban jiwa.

Untuk itu, selaku pengemban tugas penegakan hukum kita dituntut untuk menekan tingginya angka curanmor yang selama ini langkah-langkah penyelesaian kasus atau pengungkapannya masih sangat rendah.

Salah satu upaya menanggulangi gangguan keamanan tersebut, Polda Aceh akan menggelar operasi Kepolisian mandiri kewilayahan dengan sandi “Sikat Rencong-2019”. Operasi ini bertujuan untuk memaksimalkan pengungkapan kejahatan pencurian kendaraan bermotor di wilayah Provinsi Aceh dengan sasaran kegiatan yaitu pencurian kendaraan, orang/pelaku, benda dan lokasi/tempat kejadian.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password