Satgas Karhutla Polda Riau Selidiki Kebakaran 30 Hektare Lahan PT WSSI

Tribratanews.polri.go.idPekanbaru. Kepolisian Daerah Riau menyelidiki kebakaran 30 hektare lahan di areal PT Wahana Sumber Sawit Indah (WSSI) di Desa Sri Gemilang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak..

“Tim dari Polda dan Polres melakukan penyelidikan lokasi tersebut (PT WSSI),” jelas Kabag Bin Ops Ditreskrimsus Polda Riau AKBP Gunar Rahadianto, usai Rapat Evaluasi Penanganan Karhutla di Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru, Senin (29/07/19).

AKBP Gunar Rahadianto menjelaskan, PT WSSI pernah terlibat masalah hukum terkait lahan beberapa waktu lalu. Saat ini, lahan yang terbakar dan ditanami pohon sawit dikuasai oleh masyarakat.

Sampai saat ini, Kepolisian sudah mengumpulkan beberapa keterangan dari warga di lokasi kebakaran lahan.
“Selain meninjau lahan, kami juga meminta keterangan dari warga sekitar lokasi. Untuk pihak perusahaan belum,” terang Perwira menengah Polda Kepri.

Kebakaran lahan gambut di Desa Sri Gemilang terjadi sejak awal pekan lalu. Pemadaman terus dilakukan oleh petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Mandala Agni BPBD, Damkar dan Masyarakat Peduli Api serta pihak perusahaan.

Pemadam dilakukan melalui darat dan udara dengan menggunakan helikopter. Sampai saat ini sudah 30 hektare lahan uang dilalap si jago merah.

Untuk Riau, sepanjang Januari hingga Juli 2019, Polda dan jajaran telah menangani 18 perkara kebakaran hutan dan lahan. Dari perkara itu sudah ditetapkan 18 orang tersangka.

“Dari 18 kasus tersebut, 12 kasus sudah tahap P-21 atau dilimpahkan ke kejaksaan. Empat kasus tahap penyidikan dan 2 kasus tahap I,” tutup Kabag Bin Ops Ditreskrimsus Polda Kepri.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password