Empat Orang Tersangka Kasus TPPO Berhasil Diamankan Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id-Kupang. Ditreskrimum Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar Konferensi Pers pengungkapan tindak pidana perdagangan orang (TPPO), Kamis (25/07/19).

Dalam kasus ini, Polisi berhasil mengamanakan empat orang tersangka berinisial FM (53), YNT (27), AL (42), DKW (42). “Keempat tersangka salah satunya wanita (FM). FM inilah yang berperan sebagai koordinator PT. BMA cabang Sumba Timur. Sedangan ketiga tersangka lainnya berperan sebagai Petugas Lapangan (PL)” terang Kanit TPPO Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda NTT AKP Tatang P. Panjaitan, S.H., S.I.K., M.H

Adapun modus dari para pelaku ini adalah bahwa mereka akan memberangkatkan para pencari tenaga kerja ke luar negeri untuk bekerja sebagai pembatu rumah tangga.

Dengan syarat atau aturan umur yang digunakan bagi pencari tenaga kerja adalah 21 tahun, namun ada sembilan korban ini umurnya masih dibawah 21 tahun.

“Untuk melancarkan aksinya, pelaku melakukan pemalsuan dokumen usia korban yang masih dibawah umur. Kasus terbongkar pada bulan Mei kemarin ada dua orang korban yang kabur dari penampungan PT dan kemudian melapor ke Polres Kupang Kota sehingga Penyidik Polda NTT mengambil kasus tersebut karena tempat kejadiannya di Sumba Timur” jelas AKP Tatang.

Cara kerja mereka yaitu, ijazah para korban diminta dan difotocopy, kemudian dirubah tahun lahir dan ditulis tangan dengan tinta bolpoint. Proses pergantian dokumen tersebut juga diduga melibatkan seorang operator Dispendukcapil yang bertugas menginput daya para korban.

“Operator dari Dispenduk sudah dimintai keterangannya dan status sementara masih sebagai saksi” tambahnya.

Dari sembilan orang ini, direncanakan delapan orang akan diberangkatkan ke Malaysia dan satu orang akan ke Brunai Darusalam. Polisi juga telah mengamankan  barang bukti berupa Dokumen sembilan buah Akta Kelahiran, KTP, Kartu Keluarga dan Ijazah, delapan buah pasport serta Handphone.

 

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password