Polda Metro Punya NTMC, Maka Polrestabes Surabaya Punya Command Center

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Polrestabes Surabaya menjadi barometer Polres di wilayah hukum Polda Jawa Timur. Karena terdapat CCTV pemantau jalan kecil dan jalan protokol untuk membantu polisi lalu lintas dan juga Reskrim dalam mengungkap kasus kriminal.

Jika di Polda Metro Jaya terdapat NTMC, di Polrestabes Surabaya memiliki Command Center. Command Center ditunjang dengan puluhan layar TV besar di pasang untuk melihat situasi jalan raya yang terpantau CCTV.

“Ini (Command Center) dibangun oleh Mantan Kapolrestabes Surabaya, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. Sampai saat ini terus ditingkatkan demi keamanan dan kenyamanan warga,” jelas Kabag Ops Polrestabes Surabaya Kompol Anton Elfrino Trisanto, S.H., S.I.K., M.Si., Rabu (24/7/2019)

Nantinya, jika terjadi kecelakaan maupun kemacetan panjang yang terpantau ruas jalan yang terpantau CCTV, maka pihaknya segera menghubungi petugas Lalu Lintas untuk segera menangani.

“Kurang lebih ada 200-300 CCTV yang terpasang di wilayah Polrestabes Surabaya. Tapi yang terpantau di sini hanya jalan protokolnya saja,” tegas Kabag Ops lebih lanjut.

Ia juga menambahkan, di Command Center sendiri terbagi dalam 3 regu untuk memantau puluhan layar televisi. Setiap regu terdapat lima orang yang berjaga terdiri 2 orang pemantau layar, satu orang IT dan dua orang perwira.

“Kalau misalkan ada kasus jambret dan kejahatan jalanan di sini langsung terekam. Dan rekaman ini sangat membantu sudah ada beberapa kasus yang diungkap dengan bantuin ini,” pungkas dia.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password