Polri Imbau Orang Tua Kontrol Penggunaan Gadget pada Anak

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Kepala Unit Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Rita Wulandari Wibowo menjelaskan tips – tips mencegah pelecehan dan kekerasan seksual lewat media sosial terutama bagi anak.

Orang tua perlu melakukan kontrol rutin untuk mengetahui aktivitasnya di media sosial. “Jadi rajinlah melihat histori anak,” jelas AKBP Rita Wulandari Wibowo, Senin (22/07/19).

Selanjutnya orang tua diminta menyikapi keluhan dan cerita anak dengan penuh empati. Tumbuhkan kedekatan emosional, batasi diri dari gadget dan luangkan waktu mendengarkan keluhan, pertanyaan dan membuka rahasia anak.

“Dari kasus yang kami temui kami justru kesulitan menyentuh hati orang tua saat melihat konten anaknya, justru yang mengalami trauma psikis adalah orang tuanya,” terang Perwira menengah Bareskrim Polri.

Kemudian Amankan foto, video, dan percakapan (simpan/capture), no telpon atau no whatsapp orang yang berkomunikasi dengan anak. Simpan juga nama akun, email dan link url yang dikirim oleh orang tak dikenal.

Selain itu Password gadget anak dan privat akun media sosialnya. Meskipun anak sudah terbiasa dengan penguncian tetap perlu dilakukan agar anak tak tergantung dengan gadget dan menggunakan dengan seizin orang tua

“Edukasi di rumah dan di sekolah tentang etika di medsos dan bijak berinternet. Bagaimana cara berkomunikasi lewat media sosial,” tutup AKBP Rita Wulandari Wibowo.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password