Polda Metro Jaya Ungkap Sindikat Penipuan Via Telepon

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Subdit Resmob Polda Metro Jaya berhasil menangkap kelompok penipuan dengan modus via telepon yang menirukan suara orang lain.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono menjelaskan pelaku menghubungi orang tua murid yang mengaku sebagai dokter.

“Tersangka menelepon orang tua murid sebagai dokter, menerangkan bahwa anaknya ada pendarahan di kepala jatuh di kamar mandi. Kemudian pelaku meminta kepada korban untuk menelepon guru sekolah untuk menyakinkan. Ketika korban menelepon ke sekolah, pelaku M dapat meniru suara sebagai guru perempuan,” jelas Kombes Pol. Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (19/07/19).

Tersangka akan memberikan kontak yang disebut sebagai pihak rumah sakit untuk dihubungi pihak keluarga. Selanjutnya, tersangka akan meminta sejumlah uang kepada pihak keluarga.

“Lalu, tersangka akan menelepon keluarga korban untuk memastikan apakah keluarga korban sudah mentransfer sejumlah uang atau belum,” terang Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Kelompok Penipuan tersebut mengaku beraksi sejak 2009. Namun, Polda Metro Jaya baru menerima laporan dari dua korban dengan total kerugian sekitar Rp 69 juta.

Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 4 dan Pasal 5 Juncto Pasal 2 ayat (1) huruf r dan atau z UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian, dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password