Polda Kepri Berhasil Gagalkan Penyeludupan TKI ke Malaysia

Tribratanews.polri.go.id – Batam. Polda Kepulaian Riau kembali menggagalkan upaya pengiriman 9 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ke Malaysia, dan mengamankan Dua orang pengurus dengan inisial LS (36) dan S (35) tahun, Minggu (14/07/19).

 

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Erlangga mengatakan, pengungkapan tersebut berawal saat personel Patroli KP Yudistira 8003 menerima informasi akan adanya pengiriman TKI ilegal ke Malaysia.

 

Kemudian petugas langsung melakukan penyelidikan dan mengarah ke penampungan TKI ilegal di sebuah rumah di Perumahan milik Pemko Batam di Kecamatan Batam Kota.

 

“Di sana polisi mendapati 9 orang TKI ilegal asal Lombok, Nusa Tenggara Timur. Semuanya adalah laki-laki yang rencananya akan berangkat ke Malaysia melalui jalur laut ilegal,” terang Kabid Humas Polda Kepri, Rabu (17/07/19).

Dari hasil pemeriksaan, kesembilan orang TKI ilegal itu dimintai biaya keberangkatan Rp 5 juta perorang untuk akomodasi dan biaya selama berada di penampungan.

Selain kedua tersangka, polisi juga mendeteksi keterlibatan orang lain yang masih dalam pengejaran.

 

“Barang bukti yang diamankan polisi antara lain 1 unit speed boat warna biru bermesin tempel Yamaha 200 PK sebanyak 3 unit, 3 unit telepon genggam dan tiket maskapai penerbangan milik TKI ilegal dari kampung halaman,” ungkap Kabid Humas.

 

Para tersangka dikenakan Pasal 81 jo pasal 69 jo pasal 86 huruf c jo pasal 72 huruf c UU Republik Indonesia nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, dengan pidana 10 tahun penjara serta denda Rp 15 Miliyar.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password