Polri dan Barantan Jalin Kerjasama Tingkatkan Pengawasan dan Penegakkan Hukum

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Polri dan Badan Karantina Pertanian (Barantan) menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait pedoman kerja penegakkan hukum karantina hewan, tumbuhan, serta pengawasan sumberdaya hayati di gedung Kementerian Pertanian Rabu (17/07/19).

Asisten Kapolri Bidang Operasi, Irjen Pol. Martuani Sormin mengatakan MoU tersebut berlangsung sesuai tuntutan zaman. Kepolisian menurutnya siap bekerjasama dan melakukan back up fungsi pengawasan produk yang ke luar masuk Indonesia.

MoU tersebut memuat beberapa hal. Diantaranya, pertukaran data dan informasi, bantuan pengawasan tertutup dan terbuka, penegakkan hukum, peningkatan sarana dan prasaranan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia. “MoU ini merupakan revisi atau pembaharuan dari MoU sebelumnya yakni pada tahun 2016 dan 2017.

Irjen Pol. Martuani Sormin menjelaskan naskah kerja sama ini mempunyai kekuatan hukum. Sesuai peraturan dalam kerjasama antar instansi memang harus ada MoU. Namun dalam kerjasama ini tidak ada saling intervensi dan sesuai dengan tugas masing-masing.

“Indonesia dengan kekayaan sumberdaya alam yang luar biasa memang sulit dalam pengawasan. Karantina dengan 52 UPT, sudah pasti personilnya tidak cukup dengan batas negara yang luas,” jelas mantan Kapolda Papua .

Karena itu diharapkan  dengan kerjasama ini bisa meningkatkan  pengamanan sumberdaya alam dan hayati. Sebab, tidak mungkin Badan Karantina Pertanian berjalan sendiri. Dengan MoU ini juga akan terjalin sinergi Polri dan Barantan.

“Tupoksi kami adalah siap mem-back up Karantina, terutama penindakkan dan penegakkan hukum. Saya harapkan kerjasama ini bisa laksanakan dengan baik.Ini tugas berbahaya demi keamanan flora- fauna dan sumberdaya hayati kita,” tutup Jenderal bintang dua

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password