Polri Berhasil Ungkap 4 Kasus TPPO di 4 Negara Berbeda

Tribratanews.polri.go.id– Jakarta. Polri kembali melaksankan Press Conference terkait pengungkapan Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) oleh Warga Negara Asing (WNA) di ruang rilis Bareskrim Polri, Selasa (16/7/19).

 

Kali ini, Polri melasksanakan Press Conference bersama dengan perwakilan dari Kemensos, Kemenlu, Menaker Tran, Kejagung, Imigrasi, BNP2TKI, Kemen PPA, Dir Tipidum, dengan menampilkan tersangka dan juga barang bukti.

 

Dalam keterangannya, disampaikan  dalam kasus dugaan Pelanggaran Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) sudah ditangani 4 korban dari 4 TKP dan telah menangkap 7 tersangka M, FF, EE, AS, A, WS, dan SS yang berasal dari negara berbeda Arab Saudi, Mesir, Kairo, Turki, dan juga Jakarta.

 

Data korban yang telah ditangani dalam kasus tersebut adalah korban a.n. Tasini dengan luka berat akibat penganiayaan oleh majikan, korban Nadya Pratiwi (MD) mengalami tekanan selama berkeja yang menyebabkan meloncat namun setelah dilakukan perawatan meninggal dunia, korban Reycal Alya usia pada saat berkerja 15 tahun, dan Wiwi Wulansari diimingi berkerja sebagai baby sister namun dipekerjakan sebagai pegawai spa dan mengalami pelecehan seksual.

 

Pasal yang disangkakan pada kasus ini adalah Pasal  4, 81, 86, UU no 18 tahun 2007 tentang perlindungan pekerja imigran Indonesia dengan ancaman hukuman 5-15 tahun penjara dan juga Peraturan Menteri no. 260 tahun 2015 diatur penghentian dan larangan penempatan pekerja Indonesia pada pengguna perseorangan dan menghentikan pengiriman pekerja imigran khususnya sektor pembantu rumah tangga di seluruh negara Timur Tengah (Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Kuwait dan Jordania)

 

(rz/sw/hy)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password