Lakukan Upaya Preventif, Polda Kaltara Gandeng 3 Pilar Desa Cegah Karhutla

Tribratanews.polri.go.id-Bulungan. Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara (Kaltara) bersinergi dengan masyarakat melalui 3 pilar desa yakni Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk lebih intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai bahayanya membuka lahan perkebunan dengan cara di bakar.

Melalui upaya preventif, diharapkan masyarakat sadar dan mengurangi pembakaran lahan dan hutan. Selain itu, memberikan pengertian kepada masyarakat yang tidak tahu tentang bahaya pembakaran lahan dan hutan, diharapkan dapat mencegah terjadinya Karhutla.

Kapolda Kaltara Brigjen. Pol. Drs. Indrajit, S.H. melalui Dir Binmas Kombes Pol Moh Yamin Sumitra terus mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan dan hutan. Sudah jelas ada larangan pembakaran hutan dan lahan.

“Bisa dikenakan Undang-undang Nomor 32 tentang Lingkungan Hidup dengan pidana 10 tahun penjara,” tegasnya.

Ancaman hukuman yang menanti bagi oknum pembakar lahan dan hutan di Kaltara akan dikenakan dengan dengan jumlah yang sangat besar yakni Rp. 10 miliar, dimana aturan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 Pasal 108 tentang perkebunan.

Selain hukuman yang dikenakan, dampak yang ditimbulkan dari pembakaran lahan adalah rusaknya lingkungan dan polusi udara.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password