Polisi Gagalkan Penyelundupan 1.200 Liter Solar Subsidi Ilegal di Kaltim

Tribratanews.polri.go.id. Samarinda. Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Timur berhasil mengamankan penyelundupan 1.200 liter solar ilegal di area kebun sawit PT Khaleda di Desa Puan Cepak, Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara pada hari Sabtu (14/07/19).

Truk dan pengemudi itu diamankan di jalan Soekarno – Hatta kilometer 19 Desa Batuah Kec Loa Janan, Kutai Kertanegara (Kukar). Truk bernomor polisi KT 8030 KJ itu telah di modifikasi agar bisa memuat dua tendon.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim Kombes Pol. Budi Suryanto yang didampingi oleh Kasubdit Indagsi Polda Kaltim, AKBP Seber R Kombong, membenarkan penangkapan terhadap kasus Penyelundupan BBM jenis solar bersubsidi tersebut.

“Keterangan tersangka pengetapan ini dilakukannnya di SPBU Batuah Loa janan,” jelas Kombes Pol. Budi Suryanto.

Penangkapan itu berawal berawal dari kecurigaan Polisi dengan aktifas tersangka yang menggunakan mobil truk yang tangki BBMnya sudah di modifikasi. Rencananya solar subsidi ini akan dijual ke industri.

Sementara itu AKBP Seber R Kombong menambahkan sampai saat ini Polisi juga sudah memeriksa sejumlah saksi untuk menyelidiki kemungkinan adanya pihak lain yang ikut terlibat dalam kasus tersebut

“Masih kami kembangkan kasus ini, tentu kami meminta peran aktif masyarakat untuk membantu informasi terkait kasus yang berkenan tersebut.” tegas Kasubdit Indagsi Polda Kaltim

Tersangka melanggar Pasal 55 Undang – Undang No 22 Tahu 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang berbunyi setiap orang yang menyalahgunakan pengangkutan dan / atau niaga bahan bakar minyak yang disubsidi pemerintah dipidana dengan pejara paling lama 6 (enam) tahun dan denda maksimal Rp. 60 miliar rupiah.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password