Korlantas Polri Akan Segera Berlakukan Tilang Elektronik di Kota Besar

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Tilang Elektronik hadir dalam rangka meminimalisir peluang terjadinya penyimpangan dan memberdayakan potensi yang ada, agar tujuan penegakkan hukum dapat tercapai.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri segera memberlakukan aturan tilang elektronik di sejumlah kota besar di Indonesia setelah Polda Metro Jaya menerapkannya sejak akhir 2018.

Disampaikan oleh Direktur Keamanan dan Keselamatan Lalulintas (Dirkamsel) Polri Brigadir Jenderal Polisi Chrisnanda Dwilaksana, saat ini Kepolisian sedang mengembangkan sistem ini di seluruh Indonesia.

Dijelaskan oleh Dirkamsel bahwa pemberlakuan tilang tersebut masih tahap awal, nantinya istem tilang elektronik akan menjadi kebijakan bagi setiap Drektorat Lalu Lintas di seluruh Polda.

Sistem ini berlaku untuk siapa saja yang melanggar lalu lintas karena ketika melanggar akan langsung tertangkap kamera dan langsung tercatat.

Jenderal Polisi Chrisnanda Dwilaksana mengatakan, ini adalah salah satu wujud keadilan bagi semua masyarakat terutama pengguna jalan. Budaya tertib lalu lintas berlaku bagi seluruh pengguna jalan. Sedangkan, kesadaran tertib berlalu lintas disebabkan tiga hal, karena sadar pentingnya tertib berlalu lintas, tidak ada peluang untuk melanggar, dan penegakan hukum yang tegas tanpa tebang pilih.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password