Satgas Binmas Noken Polri Lakukan Pendekatan Melalui Soft Approach

Tribratanews.polri.go.id – Noken. Kepala Satuan Tugas Binmas Noken Polri, Kombes Pol. Eko Sudarto menggunakan pola pendekatan Soft Aprroach dengan menyentuh sasaran fisik maupun non fisik dengan dalam membangun interaksi dengan masyarakat Papua lewat program-program yang menyentuh langsung dengan masyarakat, seperti beternak, bertani dan mengajar.

“Konsepnya kami datangi masyarakat di Papua, kami tanyakan apa yang mereka ingin kembangkan di daerah mereka, potensi apa yang bisa kita kembangkan disana, kita selaraskan dengan adat mereka, lalu kita berikan pendampingan terus menerus mulai dari persiapan lahan hingga panen dan pemeliharaan,” jelas Kasatgas Binmas Noken.

Menurut Kasatgas Binmas Noken, menyelesaikan masalah di wilayah Papua tidak dapat diselesaikan dengan cara penegakan hukum atau represif (hard approach) akan tetapi memerlukan pendekatan secara preventif dan preemtif (soft approach). Soft approach ini implementasi dari Undang-undang UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kemudian, kemampuan personel Polri juga dalam pendampingan di lokasi (co-location) atau asistensi terhadap masalah-masalah masyarakat memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Papua. Kan salah satu tugas pokok Polri adalah sebagai pembimbing, pelindung, pengayom dan pemecah masalah (problem solver) bagi masyarakatnya,” terang Kasatgas Binmas Noken.

Dalam melaksanakan tugas ini bukanlah hal mudah melainkan harus mendengar permintaan-permintaan dari masyarakat sehingga program yang dijalankan dapat menyentuh  langsung kepada masyarakat dan juga bisa mendongkrak kebutuhan ekonomi masyarakat seperti berternak babi, ayam, budidaya lebah madu dan budidaya tanaman kopi.

“Sasaran non fisik, dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti Polisi ngajar ini akan menggugah semua stakeholder agar bersama-sama memperhatikan Pendidikan anak-anak kita yang masih belum bersekolah. Satgas Binmas Noken juga akan membagun titik pusat pelatihan di kabupaten mimika seperti pelatihan peternakan babi, peternakan ayam, perkebunan hidroponik maupun perkebunan tradisional dan perikanan. Program-program tersebut sementara ini dalam tahap proses dan harapanya semoga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat itu sendiri,” tutup Kasatgas Binmas Noken Polri.

 

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password