Polda Metro Jaya Berhasil Tangkap Pemalsu Bilyet Giro

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil menangkap pelaku pemalsuan Bilyet Giro Bank Central Asia (BCA) sebesar kurang lebih Rp220 juta atas nama PT. Berjaya Sinar Indonesia.

Tersangka pertama adalah SH, 28 tahun, admin pajak PT Berjaya. Tersangka kedua adalah C, 45 tahun. Polisi menyebutkan kalau C berperan menawarkan kerja sama tindak pidana tersebut. Sedang SH mengaku menurut karena alasan ekonomi.

Kasus ini terjadi di Muara Karang, Jakarta Utara, pada 15 Juni 2019. Berdasarkan keterangan tertulis yang dibagikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono hari ini, Sabtu (29/06/19), Tersangka C meminta contoh Bilyet Giro dari perusahaan tempat SH bekerja dengan kesepakatan berbagi keuntungan dari dana yang berhasil dicairkan.

Lalu SH menyerahkan tiga lembar salinan berwarna Bilyet Giro atas nama PT. Berjaya Sinar Indonesia kepada C pada tanggal 27 dan 28 Mei 2019. Sebelumnya, C sempat melakukan pertemuan dengan empat orang lain yang hingga saat ini keterangannya masih buron.

Kemudian pada 15 juni 2019, dilakukan proses pencairan dana Bilyet Giro sebesar Rp 220.792.900,- atas nama PT. Berjaya Sinar Indonesia di tempat penukaran uang. Namun, saat proses pencairan selanjutnya di bank, pemilik Bilyet Giro mengetahui tindakan tersebut sehingga berhasil dibatalkan.

Setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan oleh Polda Metro Jaya tersangka SH dan C berhasil diringkus aparat dan dikenakan pasal 263 KUHP Jo Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 56 KUHP, dengan ancaman hukuman paling lama 6 (enam) tahun penjara.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password