Tidak Perhatikan Keselamatan Pekerja, Polda Sumut Tetapkan Pemilik Usaha Pabrik Mancis Terbakar sebagai Tersangka

Tribratanews.polri.go.id – Deliserdang. Burhan (37) warga Jalan Bintang Terang No. 20, Dusun XV Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, yang merupakan pemilik usaha pabrik mancis, ditetapkan sebagai tersangka pasca tragedi kebakaran pabrik mancis yang menelan 30 korban jiwa meninggal dunia.

“Burhan sudah diamankan, yang punya rumah juga diamankan di Polres Binjai.
Belum dapat infonya sudah berapa lama operasinya,” jelas Kasubbag Humas Polres Binjai, Iptu Siswanto Ginting.

Pabrik tersebut diketahui disewa oleh Burhan (37), pemilik rumah tersebut diketahui bernama Sri Maya (47), IRT, warga Dusun IV Desa Sambirejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat.
Diketahui, selama ini pabrik atau home industri tidak memperhatikan keselamatan kerja, mengingat usaha ini mengoperasikan bahan-bahan kimia yang perlu standar operasional khusus.

Pemilik usaha diduga menerapkan sistem kunci pintu pabrik setiap beroperasi.
Sistem ini diduga jadi penyebab utama 30 orang terperangkap dalam kobaran api di dalam kamar meregang nyawa.
Apalagi semua jendela bangunan dipasangi jerjak besi.

Sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., dan rombongan tiba sekitar pukul 15.30 WIB di TKP. Jenderal Bintang Dua tersebut sempat memasuki beberapa ruangan tempat para korban terpanggang di bangunan pabrik yang terbakar.

“30 korban jiwa meningal dunia.
Kita akan melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang bertanggung jawab. Pemilik pabrik rumahan mengabaikan keamanan dan keselamatan pekerjanya,” jelas Kapolda.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password