Polda Jatim Tingkatkan Pengamanan Jelang Sidang Pilpres

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meningkatkan sistem pengamanan menjelang sidang perdana sengketa pemilihan presiden di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan digelar pada 14 Juni mendatang.

Kapolda Jatim, Irjen Pol. Drs. Luki Hermawan, M.Si menjelaskan, peningkatan pengamanan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondusivitas di wilayah Jawa Timur.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan jajaran TNI, pemerintahan di Jatim, dan tokoh agama, dalam upaya menjaga kondusivitas tersebut.

“Tanggal 14 ini kita sudah mulai meningkatkan pengamanan terkait dengan sidang MK. Kami dibantu oleh TNI, dengan stakeholder lainnya, dengan tokoh agama, ibu gubenur, sangat perhatian sekali masalah keamanan Jatim,” terang Kapolda usai apel konsolidasi Operasi Ketupat 2019 di Mapolda Jatim, Kamis (13/06/19).

Kapolda juga mengatakan bahwa Polda Jatim tidak akan melakukan sweeping. Untuk itu Polda Jatim dibantu tokoh agama hanya mengimbau masyarakat untuk mempercayakan sepenuhnya proses sengketa Pilpres 2019 kepada lembaga berwenang, yakni Mahkamah Konstitusi.

Diharapkan masyarakat tidak terpancing ajakan-ajakan menyelenggarakan aksi, terutama yang tidak sesuai konstitusi. “Kami sudah menghimbau dengan tokoh-tokoh yang ada di sini. Ada kegiatan yang informasinya tanggal 14 turun ke Grahadi, Insya Allah dengan bantuan tokoh agama, tidak jadi di Grahadi,” jelas jenderal bintang dua ini.

Kapolda juga menjelaskan, bahwa Polda Jatim telah mengirimkan 1.200 personel untuk melaksanakan Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Metro Jaya. Ribuan personel yang BKO di  Jakarta terdiri dari 700 Satuan Brimob, dan sisanya Sabhara.

“Terkait BKO, pasukan kami yang ada di sana sekitar 1.200 sampai sekarang dari tanggal 17 Mei. Pada 21-22 Mei itu, sudah berada di Jakarta sampai dengan sekarang. Sehingga kami di sini meminta bantuan dengan TNI, karena pasukan kami yang 1.200 ada di Jakarta,” pungkas Kapolda.

 

(ds/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password