Kapolda Sultra Masih Berjaga di Lokasi Konflik Buton

Tribratanews.polri.go.id – Kendari. Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen. Pol. Iriyanto, S.I.K., dan Danrem 143 Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto masih ikut berjaga-jaga di lokasi konflik bentrokan antardesa di Kabupaten Buton.

Kedua pejabat Polri dan TNI tersebut turun ke lokasi konflik di Kecamatan Siotapina, Buton sejak Kamis (6/6/2019) siang.

Meskipun lokasi konflik berangsur kondusif pada Jumat (7/6/2019) siang, Kapolda dan Danrem belum beranjak dari lokasi konflik yang mengakibatkan dua korban jiwa, terbakarnya puluhan rumah, serta 700 warga dua desa terpaksa mengungsi.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt, S.I.K., M.Si., menjelaskan, korban meninggal dunia dari pertikaian warga dua desa sebanyak satu orang dan luka-luka dua orang karena disasar busur dan senjata tajam parang.

“Kami imbau warga yang bertikai untuk menahan diri. Kepolisian, TNI serta pemerintah daerah terus berupaya membangun rekonsiliasi demi kepentingan dan keselamatan warga,” jeals Kabid Humas Polda Sultra itu.

Ia juga menegaskan, saat ini penyidik sedang mengumpulkan alat bukti untuk mengungkap pelaku.

Aparat kepolisian masih memburu provokator terjadinya perusakan dan penganiayaan dalam peristiwa bentrokan tersebut.

“Prioritas menenangkan warga agar tidak terhasut informasi yang meresahkan. Polisi bekerja mengumpulkan bukti, termasuk mengorek informasi dari saksi yang menyaksikan peristiwa memilukan tersebut,” jelasnya.

Konflik antarwarga Desa Sampoabalo dan Desa Gunung Jaya yang mengakibatkan seorang warga meninggal dunia, dua orang luka-luka dan 87 rumah terbakar dipastikan ada oknum pelaku yang harus bertanggung jawab.

“Setiap peristiwa pasti ada yang melatarbelakangi. Polisi dibantu masyarakat sedang merangkum bukti-bukti untuk mengungkap siapa oknum provokator dan pelaku perusakan rumah warga hingga pelaku penganiayaan yang menyebabkan seorang warga meninggal dunia,” katanya.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password