Berkat Infrastruktur Jalan Tol, Arus Mudik di Jawa dan Sumatera Lancar

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mengatakan infrastruktur yang dibangun pemerintah di Pulau Jawa dan Sumatera efektif memperlancar arus mudik Lebaran 2019. Kapolri menyebut, hingga hari pertama Lebaran, tidak tampak kepadatan arus mudik yang signifikan, Rabu (05/06/19).

“Arus mudik dengan adanya menuju ke Jawa Timur, ke Jawa Tengah, semua relatif lancar dengan adanya satu infrastruktur Trans Jawa. Itu sangat membantu sekali,” jelas Jenderal Pol. Tito Karnavian saat ditemui di Mabes Polri, Rabu (5/6/2019).

Guru Besar STIK PTIK itu mengatakan, dia bersama Panglima TNI memantau langsung arus mudik yang terjadi beberapa hari sebelum Lebaran. Kepadatan hanya terjadi dalam skala kecil di dekat-dekat pintu Tol, terutama di Cirebon yang mengarah ke Selatan.

Selain itu, infrastruktur baru yang mulai beroperasi di Sumatera juga dinilai berdampak positif bagi arus mudik di sekitar Sumatera Selatan. Jalan Tol fungsional dinilai mampu memangkas waktu tempuh dari Lampung menuju Palembang.

Sementara itu, kepolisian juga selalu memantau kondisi kepadatan dan bersiap melakukan rekayasa lalu lintas. Dan, didukung petugas Jasa Marga dan operator pelabuhan yang membuat kebijakan untuk mengatasi kemacetan kendaraan.

“Tidak heran ada masyarakat yang menyampaikan bisa tembus dari Jakarta ke Semarang 4,5 jam, ada yang 5 jam, ini saya kira luar biasa dibanding sebelumnya bisa sampai 10 jam,” ungkap Jenderal Bintang Empat tersebut.

(ng/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password