Polisi Berhasil Tangkap Penyebar Hoaks Penyerangan Masjid di Petamburan

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Polisi berhasil menangkap penyebar hoaks penyerangan Masjid di Petamburan, Jakarta terkait kerusuhan22 Mei 2019. Polisi menyebut, berdasarkan interogasi sementara, foto masjid yang diunggah dan disebut pria itu diserang berada di Sri Lanka.

“Dari hasil interogasi sementara, pelaku mem-posting foto masjid tersebut bukanlah foto masjid yang ada di Indonesia melainkan foto masjid yang ada di negara Sri Lanka,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.

 

Pria berinisial F itu diduga menyebar hoax lewat akun Facebook Adi Bima yang dikelolanya. Perbuatan itu diduga dilakukan pria tersebut karena emosi akibat kerusuhan pada 21-22 Mei 2019. Penangkapan dilakukan penyidik Subdit 2 unit III Dittipidsiber Bareskrim Polri pada Kamis, (30/5) sekitar pukul 12.30 WIB di Lenteng Agung. Polisi menyita satu unit ponsel dan dua buah simcard.

 

“Tindak pidana yang dilakukan tersangka adalah menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA dan atau menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat dan atau menghina suatu penguasa atau badan hukum yang ada di Indonesia,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri.

 

Akibat perbuatannya, F ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal Pasal 45A ayat 2 juncto pasal 28 Ayat 2 UU ITE dan/atau pasal 14 dan/atau pasal 15 UU 1/1946 dan/atau pasal 207 KUHP dengan ancaman pidana paling lama 6 tahun serta dengan maksimal Rp 1 miliar.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password