Polda Jatim Berhasil Ungkap Kasus Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 5,5 Miliar

Tribratanews.polri.go.id – Surabaya. Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes. Pol. Frans Barung Mangera, S.I.K. didampingi Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Rofik Ripto Himawan dan BKSDA Jawa Timur memimpin Konferensi Pers atas keberhasilannya tim Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim dalam keberhasilannya dalam mengungkap kasus penyelundupan benih lobster senilai Rp 5,5 Miliar, yang di gelar di Mapolda Jawa Timur, Jumat(31/05/19).

 

Pengungkapan kasus penyelundupan tersebut, tim Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim berhasil menyita 37.558 ekor benih lobster yang nilainya sekitar Rp 5,5 miliar. Serta sejumlah barang bukti lain seperti paspor, buku rekening, uang tunai, dua bak besar berisi benih lobster, pompa air, mesin pendingin, dan sejumlah barang lainnya di gudang yang terletak di Jl KH Mashum, Desa Randegan Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

 

Dalam penjelasannya, Kabid humas Polda Jatim mengatkan bahwa kami mengamankan tujuh orang tersangka, dari ketujuh tersangka tersebut mereka mempunyai peran berbeda-beda dalam praktik penyelundupan ini. Para tersangka itu, antara lain HB asal Jakarta sebagai kordinator pengatur, TS warga Subang sebagai tukang packing, ART asal Ciputat juga bagian packing, DAL asal Tasikmalaya, WP asal Subang, MAA warga Lubuk Lingai, dan ES asal Subang yang ketiganya tugas bagian packing.

 

“Sampai saat ini kami akan melakukan penyelidikan atas kasus tersebut, Termasuk berkordinasi dengan Polda-Polda terkait, serta sejumlah instansi lainnya. Modus yang mereka lakukan adalah ini tidak jauh beda dengan kelompok lainnya yaitu pengirimannya disamarkan dengan Nener Bandeng. Bahkan untuk mengelabui petugas, benih lobster tersebut ditaruh bagian bawah dan diatasnya dikasih Nener Bandeng.

 

Akibat perbuatannya, kini ketujuh tersangka tersebut dijerat sesuai dengan pasal-pasal yang disebutkan dalam ayat-ayat pasal 1 , pasal 92, pasal 100 dan pasal 55 Jo Pasal 56 KUHP tentang perikanan.

 

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password