Kapolda Metro Jaya Imbau Para Pemudik Agar Tidak Pakai Sepeda Motor

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono menghimbau warga Jakarta yang hendak mudik tidak menggunakan sepeda motor. Jika terpaksa maka tetap harus memperhatikan keselamatan.

Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pemudik dengan sepeda motor salah satunya tidak melebihi muatan baik penumpang maupun barang bawaan.

“Himbauan saya yang pertama kita meminimalisir tidak pakai sepeda motor. Kalaupun harus pakai motor itu dinaiki sesuai jumlah, jangan satu motor dinaiki lima orang, itu bahaya keamananannya,” jelas Kapolda Metro Jaya di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (30/05/19).

Selain itu, pemudik dengan motor tidak memaksakan terus mengemudi disaat kondisi mengantuk atau kelelahan. Karena hal itu sangat berbahaya dan bisa menimbulkan kecelakaan. Pemudik agar memanfaatkan rest area untuk istirahat atau cek kesehatan.

“Kalau ngantuk berenti jangan dipaksakan, ini yang menimbulkan kecelakaaan. Kita juga di rest area sudah disiapkan dinas kesehatan, tempat mereka beristirahat segala macem kalau capek,” terang Lulusan Akademi Kepolisian 1988.

Jenderal bintang dua tersebut juga minta agar pemudik dengan motor tetap menjaga kecepatan kendaraan. Gatot melarang pemudik mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi saat pulang ke kampung halaman.

“Jadi saya imbau kalau bisa kita minimalisir lah pakai motor. Kalau terpaksa jangan kebut, jangan kecang, jumlah penumpang sesuaikan maksimal dua orang ya dua orang aja, lalu kalau capek berhenti,” Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono.

Pemudik dianjurkan menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, pesawat atau bus untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas. Selain itu masyarakat juga bisa memanfaatkan program mudik gratis selain nyaman juga bisa mengurangi resiko menjadi korban kejahatan.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password