Kapolda Metro Jaya Cek Pengamanan Arus Mudik di Bandara Soekarno-Hatta

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Menjelang lebaran, Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si, mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta untuk mengecek pengamanan arus mudik. Kapolda mengunjungi posko pengamanan terpadu di depan Terminal 1.
Didampingi Kapolresta Bandara Soetta, Kombes. Pol. Victor Togi Tambunan, S.H., S.I.K., Kapolda berkeliling di Terminal 1 sambil menyapa penumpang yang tengah menunggu keberangkatan.
Kapolda pun memeriksa kesiapan loket-loket dan fasilitas penunjang pergerakan penumpang di Terminal 1 Bandara Soetta.

Kapolda mengecek ruang monitor CCTV. Terdapat 2.104 kamera terpasang di seluruh kawasan Bandara Soekarno Hatta.
Kapolda bertanya soal kecanggihan CCTV tersebut. Dia bertanya soal ketersediaan CCTV dengan teknologi face recognition atau pengenal wajah.

Namun, Eksekutif General Manager atau Kepala Cabang Bandara Soekarno Hatta, Suriawan Wakan, menyebut CCTV dengan face recognition baru tersedia di Terminal 3.

“Di kami baru Terminal 3. (Terminal) 1, dan 2, kita sedang modernisasi,” jelas Eksekutif General Manager.
Selain soal CCTV, Jenderal bintang dua tersebut pun bertanya tentang kerawanan di Bandara. Dia menanyakan masih ada atau tidak adanya tindak pencurian dengan modus geser maupun bongkar tas penumpang.

“Potensi kerawanan seperti geser tas itu ada tidak? Kalau bongkar tas harusnya tidak ada lagi,” tanya Kapolda kepada Kapolres Bandara Soekarno Hatta.

“Bongkar tas tidak ada laporan. Kalau hilang bagasi, satu, dua. Kalau dengan CCTV besar kemungkinan bisa terungkap. Biasanya karena tertukar,” jawab Kapolres Bandara Soekarno Hatta.

Kapolres Bandara Soekarno Hatta menyebutkan kerawanan lain, yaitu penipuan di bandara. Salah satu modus pelaku adalah menebus barang di Bea Cukai (BC).

“Penipuan, modus barang akan masuk, tapi ditahan BC, minta dibantu kirim uang. Untuk ditebus di BC. Ternyata tidak. Tiket juga ada penipuan,” jelas Kapolres.
Selain mengadakan pemantauan, Polri juga menurunkan sebanyak 753 personel untuk mengamankan Bandara Soekarno-Hatta selama musik mudik Lebaran.

“Polri sendiri kita menurunkam 753 personel. Tentunya pak Kapolres sudah mencoba mengidentifikasi apa saja potensi-potensi kerawanan. Kita kan itu personel Polri ya, ada personel TNI juga ada personel dari Avsec juga baik di dalam, di luar kita sudah siap semuanya,” terang Kapolda.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password