Pemudik Lewat Merak Diimbau Berangkat pada Siang Hari

Tribratanews.polri.go.idCilegon. Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Banten Brigjen Pol Tomex Koerniawan mengimbau masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran melalui Merak di siang hari hingga sore hari.

Tujuannya supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu waktu yang biasanya terjadi sejak pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB saja.

“Saya mengimbau masyarakat agar perilaku perjalanan mudik di malam hari bisa diubah menjadi siang hingga sore hari, agar ada keseimbangan dari pagi ke pagi pun bisa merata jumlahnya,” jelas Brigjen Pol Tomex Koerniawan usai melakukan pemantauan di Pelabuhan Merak, Kamis, (30/05/19).

Peningkatan jumlah kendaraan menuju pelabuhan Merak sudah terjadi sejak 29 Mei (H-7) sekitar pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB kemarin.

“Pantauan arus kendaraan di jalan arteri dan tol dari kemarin sudah terjadi peningkatan. Jadi dari exit tol di Km 98, kurang lebih panjangnya sekitar 500 meter,” terang Wakapolda Banten.

Peningkatan jumlah kendaraan sejak 29 Mei (H-7) di pintu keluar tol Merak ini sebenarnya di luar perkiraan. Prediksi awal waktu kepadatan arus mudik adalah pada 30 Mei (H-6).

Majunya waktu peningkatan jumlah pemudik melalui pelabuhan Merak ini menurutnya tidak lepas dari ketertarikan pemudik lewat jalur darat karena sarana infrastuktur jalan saat yang dinilai lebih baik dengan dibangunnya tol lintas Sumatera. Ditambah lagi faktor tingginya harga tiket pesawat.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password