Motif Ekonomi Jadi Alasan Tersangka Rencana Pembunuhan Empat Pejabat Negara

Tribratanews.polri.go.id- Jakarta. Menko Polhukam Wiranto, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala BIN Budi Gunawan, Staf Khusus Presiden Gories Mere, dan seorang pimpinan lembaga survei ditarget untuk dibunuh. Hal tersebut di ungkapkan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian berdasarkan hasil pemeriksaan para tersangka yang ditangkap atas kepemilikan senjata api ilegal.

“Kalau yang enam orang, motifnya motif ekonomi dan mereka dianggap mampu oleh aktor intelektualnya. Mereka kan suruhan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. Rabu (29/05/2019).

Karo Penmas Polri menjelaskan bahwa pihaknya belum dapat menyampaikan ke publik perihal motif aktor intelektual memilih nama-nama tersebut sebagai sasaran ‘operasinya’, karena penyidik belum memeriksa aktor intelektual dalam kasus ini.

“Kenapa empat tokoh itu yang dipilih untuk dijadikan target, ya itu setelah pemeriksaan aktor intelektualnya,” jelas Mantan Wakapolda Kalteng

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.I.K., M.H., mengatakan sudah berhasil mengamankan tersangkat yang terjerat kasus tersebut. Keenamnya adalah HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi.
Kadiv Humas Polri juga menyebut para target pembunuhan itu sudah disurvei terlebih dulu.

“HK dan TJ diduga menerima uang dari seseorang untuk membunuh empat tokoh nasional. ‘Seseorang’ yang memberikan perintah itu disebut Iqbal sudah diketahui identitasnya, tetapi tidak diungkapkannya ke publik. Setelah tokoh nasional, pimpinan lembaga survei diketahui juga masuk target pembunuhan” tutur Mantan Wakapolda Jatim.
(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password