Polda Bali Berhasil Tangkap Pelaku Penyebar Ujaran Kebencian Terkait Makar

Tribratanews.polri.go.id – Denpasar. Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bali telah menangkap pelaku penyebar ujaran kebencian yang berinisial KHB (49) di rumahnya Jl. Triyang No. 14, Link. Pengenderan, Desa Kedonganan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung atas perbuatannya dalam menyebar ujaran kebencian terkait makar pada 13 Mei 2019 lalu.

Saat penangkapan tersebut, Tim Direktorat Reserse Kriminal Khusus berhasil mengamankan barang bukti satu buah HP merk Samsung Galaxy Core 2 Duos warna putih dan print out hasil screen capture akun WA yang berisi tulisan propaganda ujaran kebencian.

Dalam keterangannya, Kapolda Bali Irjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M. mengatakan bahwa tersangka ditangkap atas kasus tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian. Di sini, kami juga memiliki cyber settle light dan kami juga melakukan upaya lainnya, karena itu kami mengimbau untuk masyarakat, khususnya di Bali, agar tidak ikut serta menyebarkan semburan-semburan kebencian yang tidak dapat dipertanggungjawabkan terlebih lagi adanya hoaks yang dapat merugikan.

“Tindak pidana yang dilakukan tersangka, tujuannya adalah untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) dan/atau tindak pidana dengan sengaja menunjukkan kebencian kepada orang lain dengan maksud menggulingkan pemerintah,” tegas Kapolda Bali saat mejelaskan di Mapolda Bali, Rabu(29/05/19).

Akibat perbuatannya, kini pelaku dijerat dengan Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45A ayat (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan/atau Pasal 16 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 107 ayat (1) KUHP.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password