Kapolri dan Panglima TNI Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat di Monas

Tribratanews.polri.gp.id – Jakarta. Sebanyak 160.335 personel gabungan Polri dan TNI serta instansi lainnya melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat tahun 2019. Apel gelar pasukan tersebut dilaksanakan di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (28/05/19).

Dalam apel tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., didampingi oleh Panglilma TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat.

Dalam sambutannya Kapolri mengingatkan pasukan bahwa pengamanan Lebaran tahun ini memiliki potensi kerawanan yang berbeda karena bertepatan dengan selesainya Pemilu 2019.

“Tahun ini memiliki karakteristik yang khas dibanding dengan operasi di tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini dilaksanakan bersamaan dengan proses tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019. Oleh karena itu, potensi kerawanannya menjadi lebih berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya,” jelas Kapolri, Selasa (28/05/19).

Kapolri melanjutkan, pengamanan Lebaran tahun ini akan lebih kompleks. Polri sudah mengidentifikasi beberapa gangguan yang dinilai dapat berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban di Masyarakat.

“Di antaranya adalah aksi terorisme, kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal, premanisme dan lain-lain, aksi intoleransi dan kekerasan, kelancaran dan keselamatan transportasi, baik di darat, laut, dan udara, serta kemungkinan permasalahan stabilitas ketersediaan harga dan ketersediaan bahan pokok. Di samping tentunya yang harus kita waspadai bencana alam, dan gangguan lain yang bersifat natural ataupun yang berhubungan dengan manusia,” jelas Kapolri.

Kapolri menjelaskan bahwa ada dua tujuan dari apel gelar pasukan ini. Pertama, yaitu untuk mengecek kesiapan personel, peralatan, dan seluruh aspek operasi, termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara. Kedua, apel ini digelar untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password