Polri Dalami Penyandang Dana Terkait Rencana Pembunuhan 4 Tokoh Nasional

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menjelaskan pihak Kepolisian tengah mendalami aktor intelektual dan penyandang dana dibalik rencana pembunuhan 4 tokoh nasional yang berhasil diungkap dari para tersangka kerusuhan 22 Mei lalu.

Karo Penmas menegaskan, Polri akan mengungkap pihak-pihak yang membiayai rencana pembunuhan tersebut.

“Kan ada enam termasuk ini, enam kan ada leadernya, di situ kan ada aktor intelektual yang mendesign semua itu, di atas ada pendana juga yang kasih uang Rp150 juta tapi dalam bentuk dollar singapura, kasih ke aktor intelektual, kasih kan ke ini nih (ke para tersangka),” tegas Karo Penmas dalam jumpa pers di Media Center Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Ia menjelaskan Kepolisian masih mendalami soal target yang menjadi incaran para pelaku. Dari keterangan para pelaku, baru disebutkan 4 tokoh yang menjadi target mereka. Sementara, kemungkinan ada tokoh lain yang menjadi target para pelaku masih didalami, termasuk kepada aktor intelektualnya.

“Jadi terkait (ancaman ini) kan ada dua kelompok, kelompok pertama yang ditangkap tanggql 18-19 itu 4 orang dikasih senjata, senjata sejenis M-4, sama dua senjata laras pendek. Lalu 21-22 (dari) 6 (orang), satu DPO, satu DPO ini eksekutor,” jelas Jenderal Bintang Satu itu.

Ketika ditanya apakah pembelian senjata sudah dimulai sejak 2018, Karo Penmas menjelaskan pembelian dilakukan secara bertahap. Senjata tersebut yang diduga akan dipakai untuk menghabisi nyawa para target.

Dan dari informasi yang dihimpun, 4 tokoh nasional yang dalam ancaman pembunuhan yakni, Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Tito Karnavian, Politikus PDI Perjuangan, Adia Napitulu dan pemilik lembaga survei, Yunarto Wijaya. Akan tetapi polisi memilih merahasiakan 4 tokoh yang diincar tersebut.

“Kan udah pada tau semuanya. Yaudah itu,” pungkas Mantan Wakapolda Kalteng itu.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password