Berikut Rahasia Provokator Aksi 22 Mei yang Berhasil Diungkap Polisi

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Seorang yang diduga provokator ricuh aksi 22 Mei 2019 berhasil ditangkap Polisi dan  buka suara kepada polisi. Pengakuan para provokator terduga aksi 22 Mei ini sudah mengincar untuk penyerangan Presiden Joko Widodo di Johar Baru, Jakarta Pusat. Pelaku juga sudah menyiapkan dana operasional yang diperolehnya dari pihak lain.

 

Diketahui sebelumnya, polisi temukan barang bukti rekaman rencana penyerangan asrama polisi di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan ternyata penyerangan asrama polri sudah disetting dan disiapkan dana operasional.

 

Selain itu, Polisi berhasil bekuk 257 tersangka kericuhan aksi 22 Mei dikarenakan terbukti pendemo lakukan perlawanan  terhadap petugas di lapangan. Polisi menemukan barang bukti berupa rekaman pertemuan yang menunjukkan perencanaan aksi kerusuhan di wilayah Jakarta pada 21-22 Mei.

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan, pertemuan itu dilakukan di Sunda Kelapa, Jakarta Pusat.Saat ini, polisi masih mendalami dan mencari seseorang yang menyediakan uang operasional untuk merencanakan aksi kerusuhan tersebut.

“Berkaitan dengan kegiatan unjuk rasa tanggal 21 dan 22 Mei yang TKP-nya ada tiga yakni gedung Bawaslu, wilayah Petamburan, dan Gambir. Dari ketiga TKP itu, ada 257 tersangka,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.

 

Sebanyak 257 tersangka itu dibekuk dari tiga lokasi kerusuhan terjadi yakni di depan Gedung Bawaslu, di Petamburan dan di Gambir, Jakarta Pusat. “Ke 257 orang itu, kita amankan dari Gedung Bawaslu sendiri sebanyak 72 tersangka, lalu dari petamburan ada 156 tersangka, kemudian di Gambir ada 29 tersangka. Jadi totalnya ada 257 tersangka pelaku kerusuhan,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya.

 

Karena aksinya, para pelaku dijerat pasal berlapis, yakni Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan barang serta tentang melawan dan melukai petugas sesuai Pasal 212 KUHP, Pasal 214 KUHP, dan Pasal 217 dan Pasal 218 KUHP. Untuk pelaku di Petamburan ditambah Pasal 187 KUHP karena melakukan pembakaran mobil.

 

(fa/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password