“Penjaga Peradaban dari Polri untuk Papua” Pamerkan Potret Kehidupan Papua kepada Dunia

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Mulai dari tanggal 13 hingga 24 Mei 2019, Polri gelar pameran foto mengenai kehidupan Papua bertajuk “Penjaga Peradaban Dari Polri Untuk Papua” yang diselenggarakan di gedung Perpustakaan Nasional di jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Kepala Satgas Binmas Noken Polri, Kombes Pol. Eko Rudi Sudarto mengatakan, pameran diselenggarakan bertujuan untuk mengangkat potret kehidupan masyarakat Papua kepada seluruh dunia. Selain itu pameran juga sebagai momentum peringatan satu tahun Satuan Tugas Binmas Noken Polri di Papua. Berbagai foto yang diambil oleh para fotografer itu merupakan bagian dari perjalanan berbagai kegiatan Binmas Noken selama satu tahun di Papua.

Satgas Binmas Noken Polri mempunyai program pendekatan kepada anak-anak di pedalaman Papua yaitu ‘Polisi Pi Ajar’ atau Polisi pergi mengajar yang bertujuan memberi trauma healing kepada anak-anak di pedalaman Papua.

“Mayoritas masyarakat Papua berada di daerah pegunungan. Program trauma healing ini diperlukan setelah semakin banyak kejahatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di kawasan pemukiman di pegunungan. Beberapa daerah yang menjadi daerah tugas Binmas Noken meliputi Wamena, Nduga, Puncak Jaya, Lanny Jaya, dan beberapa daerah lainnya,” tegas Kasatgas Binmas Noken Polri.

Selain itu, program unggulan lainnya, yakni pemberdayaan masyarakat pada sektor pertanian dan peternakan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberi peningkatan penghidupan masyarakat lokal yang banyak terganggu oleh adanya kejahatan yang dilakukan oleh KKB, yang eskalasinya mengalami peningkatan sepanjang 2 tahun terakhir.

“Kita mengadopsi kata Noken karena kita ingin mendapatkan masukan dari masyarakat, apa kira kira program Polri yang bisa bersama sama masyarakat. Kemudian, masyarakat tergugah dan merasakan senang dengan kehadiran Polri. Disamping itu, memberikan suasana bahwa tidak ada perbedaan status sosial bahwa masyarakat dan Polri sama sama saling mengisi peradaban,” ungkap Kasatgas Binmas Noken Polri.

Polri ingin menjadikan ini moment luar bisa ‘one picture is thousand world’, satu gambar ini berjuta makna kalau bisa dilihat satu persatu. Barangkali masyarakat yang ada di Jakarta ingin melihat potret dunia nyata Papua.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password