Rapat di DPR, Kakorlantas Paparkan Kesiapan Mudik Lebaran 2019

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Refdi Andri M.Si menghadiri Rapat Kerja/Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI terkait persiapan penyediaan sarana dan prasarana transportasi dalam rangka penanganan arus mudik lebaran tahun 2019.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito serta jajaran Direksi BUMN.

Kakorlantas mengatakan saat libur dan cuti bersama hari Raya Idul Fitri 2019, jajaran Kepolisian menggelar Operasi Ketupat mulai 29 Mei -10 Juni 2019 dengan menerjunkan 93.000 lebih personel ditambah TNI. “Untuk jalur mudik tol Cikampek, akhir akhir ini ada 4 proyek yaitu tol Elevated, Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, LRT dan tol Cibitung ditambah perbaikan-perbaikan infrastruktur tol, pada saatnya nanti akan dihentikan.” jelas Kakorlantas di ruang sidang Komisi V DPR RI Jakarta, Selasa (21/5/19).

Irjen Pol Drs. Refdi Andri menjelaskan pekerjaan di tol akan dihentikan 10 hari sebelum hari raya tepatnya pada tanggal 25 Mei 2019. Selain itu, pembatasan kendaraan barang akan diberlakukan pada tanggal 31 Mei, 1 dan 2 Juni 2019 serta 8 dan 9 Juni 2019. “Persoalan klasik lain seperti pasar tumpah, sumbangan dan potensi bencana disepakati akan bekerjasama dan ditangani oleh kewilayahan,” terangnya.

Sementara untuk jalur Sumatera, Kakorlantas memastikan khususnya tol Bakauheni-Palembang sudah siap operasional termasuk support bahan bakar dan sinyal telepon. Hanya saja terkendala pada rest area yang masih belum memadai. “Khususnya tol trans Sumatera Km 238 sampai Palembang akan dimanfaatkan siang hari karena rambu dan marka yang masih belum sempurna, adapun waktu juga belum ditetapkan,” jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Terkait jumlah kendaraan lanjut Kakorlantas, ada 120 juta kendaraan yang sebarannya sama dengan jumlah penduduk, 60 persen ada di Jawa. Maka personel kepolisian yang diterjunkan, juga lebih banyak sebarannya di Jawa. “One way mudik diberlakukan mulai 30 dan 31 Mei, 1 dan 2 Juni 2019 dari Km 25 Cibitung sampai Km 263 Brebes Barat dan arus balik 7-9 Juni 2019. Kami akan perkuat rambu-rambu menjelang one way dan rest area, termasuk kecepatannya maksimal 80 km/jam.” tutup Kakorlantas.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password