Kapolda Papua Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen. Pol. Drs. Rudolf Alberth Rodja memimpin langsung Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang bertema “Bangkit Untuk Bersatu”.

Ratusan personel dan ASN di lingkungan Kepolisian Daerah Papua menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 tahun di lapangan apel Mapolda Papua, Senin (20/05/19).

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika yang dibacakan Kapolda Papua, semua anak bangsa diajak untuk secara sadar memaknai peringatan Harkitnas dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi.

“Semangat gotong-royong dan kolaborasi merupakan warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan dipentas global,” jelas Kapolda.

Jenderal bintang dua tersebut mengatakan, ketika diminta merumuskan dasar negara Indonesia dalam pidato di hadapan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno, menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas.

“Namun Bapak Proklamator Republik Indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai Pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu “sila” tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong-royong,” tambah Kapolda Papua.

Kapolda pun menyatakan, sejatinya jiwa gotong-royong bukanlah semangat yang sudah renta, sebab sampai kapan pun semangat itu akan senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai sebuah tuntutan zaman yang sarat dengan berbagai perubahan.

Apalagi, Indonesia diproyeksikan akan segera menjemput harkat dan martabat baru dalam aras ekonomi dunia. Ekonomi Indonesia akan tumbuh menjadi sepuluh besar, bahkan lima besar dunia, dalam 10 sampai 30 tahun mendatang, terang Kapolda.

“Kuncinya terletak pada hasrat kita untuk tetap menjaga momentum dan iklim yang tenang untuk bekerja. Kita harus jaga agar suasana selalu kondusif penuh harmoni dan persatuan,” jelas Kapolda.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password