Bangunkan Warga Sahur, Polres Madiun Lakukan Hal Unik

Tribatanews.polri.go.id – Madiun. Polres Madiun bersama Kodim 0803/Madiun menggelar Sahur on The Road (SOTR) “Kamtibmas” yang dipusatkan di Taman Kota Caruban, Kabupaten Madiun, Sabtu (18/05/2019).

Kegiatan sahur on the road ini, merupakan bentuk silaturahmi Polres Madiun untuk mendekatkan warga dengan pihak kepolisian. Selain itu, Polres Madiun juga membangunkan masyarakat untuk sahur dengan menggunakan alunan musik gamelan Dongkrek.

“Ini tradisi yang positif dengan musik tradisional Dongkrek untuk membangunkan warga sebelum melaksanakan sahur di jalan. Kenapa dengan Dongkrek? Agar kesenian ini dikenal luas dan tidak terlupakan,” ujar Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H.

Dongkrek adalah kesenian daerah asli dari Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kawedanan Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Kesenian ini berupa tarian dan iringan musik yang mengkisahkan upaya Raden Ngabei Lo Prawirodipuro dalam mengatasi pageblug mayangkoro, dimana saat itu masyarakat Mejayan terkena wabah penyakit dikisahkan pagi harinya sakit sore harinya meninggal, begitu pun saat sore sakit maka paginya meninggal.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password