Polda Sulsel Amankan Pegawai Honorer yang Sebut Ada 200 Korban Jiwa saat People Power

Tribratanes.polri.go.id – Makassar. Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, S.I.K., M.H.menggelar Konferensi Pers atas keberhasilan Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel dalam menangkap seorang pegawai honorer di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan karena diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial yang dilaksanakan di Mapolda Sulsel, Jumat(17/05/19).

Penangkapan terhadap seorang pelaku yang bernama Muhammad Aufar (29) ini, karena diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial. Dalam status di akun Facebook pribadinya, pelaku menyebut akan ada 200 korban jiwa dalam aksi people power pada 22 Mei 2019 mendatang.

Dalam penjelaannya, Kabid Humas Polda Sulsel mengatakan bahwa pelaku ditangkap oleh Tim Cyber Crime di rumahnya, di Jalan Adhyaksa 2, pada hari Kamis pagi, sekitar pukul 10.30 Wita. MA ditangkap setelah Tim Cyber Crime Polda Sulsel melakukan patroli menemukan postingan MA yang menyerukan People Power. Saat ini kami sudah print postingannya semenjak membuat ujaran kebencian ini, dan ini sangat berbahaya untuk stabilitas keamanan nasional.

“Tersangka MA patut diduga menyebarkan informasi di akun media sosialnya dengan tujuan untuk menimbulkan rasa kebencian dan permusuhan antar individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan suku, agama, ras, dan antar golongan. Untuk kepentingan penyelidikan, saat ini kami telah menyita ponsel dan laptop tersangka, termasuk hasil tangkapan layar laman Facebook MA yang berisi postingan yang diduga mengandung ujaran kebencian dan hasutan tentang rencana People Power,” tegas Kabid Humas Polda Sulsel.

Akibat perbuatannya, kini pelaku dijerat pasal 45A ayat (2) Jo. Pasal 28 ayat (2) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI. No. 11 tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman hukuman paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password