Satu Teroris Pengikut ISIS Kembali Ditangkap Densus 88AT di Cibinong

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88AT) Polri menangkap pria terduga teroris berinisial E (51) di wilayah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Dari rumahnya, polisi menyita senjata tajam, detonator dan berbagai bahan peledak serta buku-buku jihad, Jumat (17/05/19).

Mabes Polri membenarkan bahwa Tim Densus 88AT kembali menangkap seorang terduga teroris di wilayah Cibinong, Jawa Barat. Adapun terduga bernama E alias Abu Rafi. Hal itu disampaikan Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M.

“Iya, benar (penangkapan teroris),” jelas Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, Jumat (17/5/19).
Berdasarkan informasi, pelaku ditangkap sekitar pukul 15.30 WIB. Pelaku ditangkap di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Penangkapan pelaku merupakan hasil pengembangan dari terduga teroris lainnya atas nama Tedjo Hadi Broto yang ditangkap di Pemalang pada Sabtu, 13 April 2019 lalu.

Berdasarkan pemeriksaan Tedjo, E pernah melakukan i’dad di Gunung Cermai, Cirebon pada Maret 2019. Selain itu, tersangka E juga miliki kemampuan untuk membuat bahan peledak.

Dikesempatan berbeda, Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky mengatakan terduga teroris tersebut diamankan dari rumah kontrakannya sekira pukul 15:30 WIB sore.

“Iya, sore tadi dilakukan penindakan terhadap satu terduga teroris laki-laki yang berinisial E alias AR dilakukan Densus 88 Mabes Polri dan dibackup Polres Bogor,” ungkap Kapolres Bogor, Jumat (17/5/2019).

Saat Kepolisian melakukan penggeledahan, mendapati barang bukti yaitu berbagai macam bahan kimia untuk merakit bom, berbagai jenis senjata tajam, detonator buku merakit bom serta buku jihadis.

“Bahan baku dan bahan jadi peledak jenis TATP dan Nitrogliserin. Kemudian kita juga temukan beberapa panci, paku-paku juga buku-buku cara pembuatan bom dan buku-buku doktrin jihadis,” jelas AKBP Andi Moch Dicky.

Hasil pemeriksaan sementara, terduga E merupakan pengikut jaringan ISIS di Indonesia. Hingga saat ini, Unit Jibom Brimob masih berada di lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

“Sampai saat ini masih dilakukan olah TKP oleh Jibom dari Gegana Brimob dan nanti juga untuk tersangka dilaksanakan pemeriksaan,” jelas Kapolres.

(ng/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password