Polri Jamin Keamanan Saat Pengumuman Hasil Pemilu 2019

Tribratanews.polri.go.id – JakartaMenjelang putusan hasil Pemilu 2019 oleh KPU pada 22 Mei mendatang, muncul berbagai isu kericuhan tersebar di media sosial hingga lewat pesan berantai. Penyebaran isu tersebut semakin meningkat belakangan ini.

Menyikapi isu tersebut, Mabes Polri menyatakan jika kondisi keamanan saat ini relatif aman dan kondusif di seluruh Indonesia. Kepolisian meminta masyarakat tidak percaya info liar yang bernada provokasi terkait akan adanya kerusuhan pada pengumuman Pilpres tanggal 22 Mei 2019 nanti.

“Berbagai info di medsos kita tidak boleh terlalu percaya. Namun prinsip institusi Kepolisian itu selalu tidak boleh menganggap remeh. Kita ada petugas patroli siber yang tugasnya melakukan profiling, mengidentifikasi siapa yang menyebar konten ini, motifnya apa,” jelas Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., di Mabes Polri Kamis (16/05/19).

Kadiv Humas Polri menyampaikan sampai saat ini situasi di seluruh wilayah Indonesia juga relatif aman dan kondusif. Bagi masyarakat yang ingin melakukan aksi penyampaian pendapat di muka umum, diimbau untuk melakukannya dalam koridor aturan yang berlaku.

“Ada batasan-batasan, menghormati hak asasi orang, memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa dan sebagainya,” jelas Kadiv Humas Polri.

Namun, Jenderal bintang dua tersebut juga menyampaikan jika ada pihak-pihak yang melanggar aturan atau hukum saat melalukan aksi, maka aparat Kepolisian juga akan memberikan tindakan tegas.

“Kalau ada siapa pun, kelompok mana pun, yang melakukan upaya-upaya melanggar hukum, anarkis, tentunya kami ada mekanisme di lapangan,” tutur Kadiv Humas Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., menuturkan Polri mengerahkan 32 ribu personel untuk pengamanan pengumuman hasil penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum. Pengamanan yang juga dilakukan dengan empat ring tersebut sebagai antisipasi tindakan terorisme.

Pengamanan akan dilakukan sebelum hari pengumuman berlangsung. Pada 22 Mei fokus utama pengamanan adalah di KPU karena menjadi tempat atau pusat pengumuman dilakukan.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password