Kapolda Gorontalo : Anggota Pangkas Berat Badan Berlebih Saat Ramadhan

Tribratanews.polri.go.id Gorontalo. Melawan obesitas alias berat badan berlebih dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo. Personel yang memiliki berat badan berlebih atau berbadan tambun dikumpul dan ditimbang. Mereka diberi target harus mampu menurunkan berat badan selama Ramadan.

Pengukuran berat badan personel obesitas ini dilakukan usai pelaksanaan apel pagi di lapangan apel Mapolda Gorontalo, Senin, 13 Mei 2019. Pengukuran tersebut dipimpin langsung Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Gorontalo Kombes Pol. Murbani Budi Pitono.

Menurut Karo SDM, pengukuran dilakukan untuk mencatat berat badan awal setiap personel yang memiliki berat badan berlebih. Selanjutnya setelah Ramadan, akan dilakukan pengukuran atau penimbangan kembali.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program dari Mabes Polri yang mencanangkan program pengendalian berat badan bagi personel Polri,” ujar mantan Kapolresta Bandar Lampung.

Apabila setelah Ramadan, berat badan dari polisi tambun itu tidak mengalami perubahan maka akan diberikan pembinaan fisik, sehingga berat badannya ideal kembali.

Sementara itu, dari hasil pengukuran berat badan, ada beberapa personel Polda Gorontalo yang memiliki berat badan berlebih. Bahkan, ada polisi tambun yang melebihi berat badan 100 kilogram.

Terkait hal itu, Kombes Pol. Murbani Budi Pitono memberi atensi khusus. Menurutnya, personel yang memiliki berat badan berlebih tersebut harus memperhatikan pola makan.

“Apalagi selama pelaksanaan puasa Ramadan ini. Harusnya berat badannya menurun,” pungkas Karo SDM.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono menyampaikan, berat badan berlebih memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Sehingga banyak orang berusaha untuk senantiasa menjaga agar berat badannya tetap ideal. Terlebih, bagi anggota Polri wajib untuk menjaga berat badan ideal untuk menunjang pelaksanaan tugas.

“Bagi anggota Polri yang memiliki berat badan yang tak ideal nantinya akan diberikan program untuk menurunkan berat badan,” ujar AKBP Wahyu Tri Cahyono.

Penurunan berat badan bertujuan mendapatkan postur Polri yang ideal. Sehingga dengan tubuh yang ideal maka personel Polri lebih sigap di lapangan.

“Tantangan tugas Polri yang semakin berat dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, tentunya dibutuhkan fisik yang bugar dan prima,” jelas Kabid Humas.

Py/sw/hy

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password