Jelang Lebaran, Polda Jateng Antisipasi Kemacetan

Tribratanews.polri.go.id – Purwokerto. Menjelang pelaksanaan arus mudik dan balik lebaran 1440 H, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Rycko Amelza Dahniel melakukan pemantauan terhadap jalur utara dan selatan, guna melakukan pemetaan wilayah rawan kemacetaan dan jalan keluar agar tidak terjadi kemacetan parah.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda mengatakan ada sejumlah titik yang paling diantisipasi, yang dapat menyebabkan kemacetan panjang. Yakni pintu tol keluar Pejagaan, Brebes Barat dan pintu tol keluar Brebes Timur.

 

Potensi kemacetan ini terjadi karena kendaraan yang keluar dari jalur tol menuju ke jalur selatan (Purwokerto- Jogja) dan juga terdapatnya lampu lalu lintas, tidak jauh dari pintu tol.

Selain itu adanya pasar tumpah menjelang hari Raya Lebaran 1440 H, memerlukan adanya rekayasa lalu lintas, untuk mengurangi potensi kemacetan.

 

“ Paling berat yah ada tiga titik, terutama pada saat arus mudik nanti. Yakni titik exit Pejagaan, Brebes Barat dan Timur, ketitik ini paling krusial kemacetan. Karena ketiga titik ini akan mengarah ke satu arah bersamaan, yakni kearah selatan, menuju Purwokerto- Jogjakarta,” terang Kapolda, Senin (13/05/19) siang.

 

Kapolda menambahkan untuk ruas jalan yang masih dalam perbaikan, akan selesai sebelum H-14 Lebaran. Ruas jalan pemudik yang masih dalam pembangunan diantaranya Bumiayu- Ajibarang dan Buntu- Kebumen.

 

Khusus untuk ruas jalan selatan-selatan Jateng, akan menjadi perhatian khusus, sebab tanpa melalui tol, ruas jalur tersebut dapat diakses dari jalur utama selatan Jawa, yakni Bandung- Jogjakarta.

 

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password