Dua Pelaku Pembuat Uang dan Dokumen Palsu Diringkus Polsek Jelutung

Tribratanews.polri.go.id –  Polresta Jambi, Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Jelutung, menangkap Sutrisno alias Nono (36) warga Solok Sipin, Kota Jambi, dan M Ali alias Ali (36) warga Murni, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi. Kedua pria ini ditangkap karena diduga melakukan praktik pembuatan uang dan dokumen palsu.

Kapolresta Jambi Kombes Pol Bernard Sibarani, mengatakan penangkapan dilakukan setelah aparat kepolisian mendapat informasi dari masyarakat bahwa di salah satu tempat percetakan atau sablon ada aktivitas pembuatan uang dan dokomen palsu.

Dikatakan Kapolresta Jambi, berbekal Informasi tersebut lantas ditiindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan dan meringkus kedua pelaku.

“Dari hasil penyelidikan, kedua pelaku akhirnya berhasil ditangkap di tempat mereka bekerja di salah satu percetakan,” ujar Bernard, Rabu (24/1) saat konferensi pers.

Sementara itu, dari pemeriksaan kedua pelaku mengaku telah mencetak puluhan lembar uang rupiah palsu, serta sejumlah dokomen palsu seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk dokumen palsu, dibuat berdasarkan pesanan orang yang membutuhkannya.

“Mereka mengaku telah mencetak 36 lembar uang pecahan Rp 50 ribu, 13 lembar uang pecahan Rp 100 ribu, serta sejumlah dokumen lainnya seperti SIM maupun STNK,” terang Kombes Pol Bernard Sibarani.

Dijelaskan  Kombes Pol Bernard Sibarani,  Saat ini pihaknya, mengamankan kedua pelaku dan barang bukti berupa sejumlah uang dan dokumen palsu, serta alat pembuatannya diamankan .

“Kedua pelaku dijerat dengan pasal 244 dan 263 KUHP dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara,” Tutup  Kapolresta Jambi.(*)

Penulis : Alam

Editor : Kang Ikbal

Publish : Veri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password