Kapolda Sulteng Hadiri Acara Lanjut Multaqo bersama Tokoh Agama

Tribratanews.polri.go.id – Palu. Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Brigjen Pol. Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si., menghadiri acara tindak lanjut Multaqo para ulama, habaib dan cendekiawan muslim di Jakarta yang bertempat di Masjid Al Mujahidin, Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (9/5/19).

Dari hasil Multaqo tersebut, ada delapan (8) kesepakatan para ulama, habaib dan cendekiawan muslim dalam menyikapi situasi pasca Pemilu 2019.

Adapun kesepakatan tersebut sebagai berikut:

1. Menegaskan kesepakatan pendiri bangsa dan alim ulama bahwa NKRI adalah bentuk negara yang sesuai dengan Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia, Pancasila adalah dasar negara dan falsafah bangsa.

2. Meningkatkan ukhuwah islamiah di bulan suci Ramadan 1440 Hijriah Tahun 2019 dengan menjalin silaturahmi, menghindari fitnah dan tindakan melawan hukum (inkonstitusional).

3. Bersama-sama mewujudkan stabilitas keamanan dan situasi kondusif, mengedepankan persamaan di atas perbedaan selama dan sesudah bulan suci ramadan sehingga mampu menjalankan ibadah secara khusyuk dan penuh berkah.

4. Menghindari provokasi pihak yang tak bertanggung jawab selama dan sesudah bulan puasa karena hal tersebut akan sangat mengganggu berlangsungnya ibadah pada bulan suci ramadan, yang dapat menghilangkan pahala berpuasa pada bulan puasa, yang dilipat gandakan oleh Allah SWT.

5. Menaati tata peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di seluruh wilayah NKRI sebagai hubungan yang konstruktif dan penuh rasa hormat kepada pemerintah yang sah.

6. Tidak terpancing melakukan aksi-aksi inkonstitusional, baik langsung maupun tak langsung.

7. Harus fastabikhul khairat berlomba dalam kebaikan guna meningkatkan kekuatan ekonomi umat dalam rangka berpartisipasi dalam masyarakat dunia melalui era digital big data dan berjaringan teknologi.

8. Kegiatan multaqo akan dilakukan secara terus menerus dalam rangka mengawal implementasi kesepakatan yang disepakati hari ini, multaqo akan segera dilaksanakan pada semester kedua 2019.

Selain acara pembacaan hasil multaqo kegiatan dilanjutkan dengan acara silaturahmi dan buka puasa.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sulteng juga mengajak seluruh tokoh agama untuk selalu bersama-sama dalam mencegah meluasnya paham radikalisme di Provinsi Sulteng.

“Kami mengharapkan kepada seluruh elemen masyarakat Provinsi Sulawesi Tengah turut andil dalam mencegah paham radikalisme, sehingga tidak berdampak luas kedaerah lain,” jelas Kapolda Sulteng.

(ds/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password