Kapolda NTB Cek Kondisi Pasca Rusuh di Rapat Pleno KPUD Lombok Tengah

Tribratanews.polri.go.id – Lombok. Pasca terjadinya bentrokan antara masa pendukung Calon Legislatif (Caleg) dengan petugas keamanan di lokasi rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Esk kantor DPRD Lombok Tengah, Kapolda Nusa Tenggara Barat, Brigjen Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M., turun langsung mengecek kondisi terkini.

 

Sebelumnya, Lebih dari 200 orang mendatangi kantor eks gedung DPRD Lombok Tengah yang menjadi lokasi pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Lombok Tengah pada Rabu (8/5). Massa kemudian menjadi ricuh dan melakukan tindakan anarkis lantaran merasa kesal sidang pleno ditunda akibat jumlah komisioner belum lengkap.

Aksi warga yang merupakan simpatisan Calon Legislatif (Caleg) Dapil Pujut- Praya Timur itu dipicu karena persaingan suara antar Caleg, sehingga warga datang secara langsung untuk melakukan protes kepada pihak KPUD Lombok Tengah.

 

Masa yang sudah lama mengepung lokasi Pleno terbuka belum juga mendapatkan tanggapan dari KPUD Lombok Tengah. Sehingga masa aksi mendorong gerbang dan memaksa masuk ke dalam lokasi pleno dengan melempari petugas dengan bom meletop. Kemudian anggota melakukan tindakan tegas dengan membubarkan massa aksi dengan tembakan gas air mata dan mobil water canon. Namun massa aksi melawan dengan melempar batu kearah petugas, sehingga beberapa anggota terluka akibat lemparan tersebut.

 

Akibat dari kejadian tersebut, beberapa warga terpaksa diamankan karena membawa senjata tajam dan puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat milik warga yang menggelegar aksi diamankan Polisi.

 

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password