Polres Metro Jakbar Rilis Kronologi Pengungkapan 28 Kg Sabu dari AS

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol. Henki Haryadi, S.I.K., M.H., memimpin press conference kronologi pengungkapan 28 kilogram (kg) sabu-sabu asal Amerika Serikat, pada Kamis (09/05/2019) di Mapolres Metro Jakarta Barat.

Kapolres menjelaskan bahwa pengungkapan sabu-sabu ini berkat koordinasi dengan Drug Enforcement Administration (DEA), lembaga penegak hukum narkoba Amerika Serikat di bawah Departemen Kehakiman.

Berdasarkan pengungkapan tersebut, Polres Metro Jakbar menangkap empat orang pelaku, yakni Cui Ming (26 tahun), Dasuki (42 tahun), Budi Supriyanto (52 tahun), dan seorang wanita Liu Xiufen (22 tahun). Keempatnya diamankan di tiga tempat terpisah. “Tersangka CM (Cui Ming) kita tangkap di kantor Pos dan Giro Jakarta Barat ketika hendak mengambil paketan 19 paket atau sebanyak 6 Kg yang berisi narkotika jenis sabu,” jelas Kapolrestro.

Selanjutnya, polisi berhasil menangkap satu tersangka WNA asal China, Cui Ming, di kawasan Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (11/4/2019) lalu saat hendak mengambil paket berdasarkan informasi dari Bea Cukai yang mencurigai adanya paket pengiriman asal Amerika Serikat.

Hingga akhirnya Dasuki dan Budi yang akan mengambil 19 paket jenis sabu di sebuah Hotel di Jakarta Barat narkoba berhasil kembali ditangkap. Polisi kemudian mengamanakan Liu Xiufen yang kala itu diamankan di Kantor Fed Ex, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2019).

“Liu diamankan setelah hendak mengambil sabu seberat 10 Kilogram. Keterangan dari mereka (tersangka) sabu ini dikirim dari Amerika Serikat,” jelas Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakbar tersebut.

Dari keterangan itu, polisi kemudian berkoordinasi dengan DEA yang kemudian mengamankan 12 kilogram sabu di Los Anggles yang hendak dikirim ke Indonesia.

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password