Kapolda Sumut Akan Tindak Tegas Pengganggu Keamanan Pemilu

Tribratanews.polri.go.id – Medan. Polda Sumut akan menindak tegas dan menangkap pelaku makar, serta oknum yang akan mendelegitimasi hasil Pemilu 2019. Polda Sumut juga sudah mengeluarkan maklumat kepada masyarakat Sumatera Utara dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

Dalam maklumat itu, Polda Sumut tidak segan menindak para pelaku yang menyampaikan aspirasi di muka umum dengan niat menggulingkan pemerintahan yang sah, serta mendelegitimasi hasil Pemilu 2019 dan KPU. Sebab, semuanya telah diatur dalam undang-undang dan semua harus diikuti.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menegaskan, Polda Sumut akan mengambil tindakan tegas terhadap berbagai pihak yang berupaya melakukan tindakan makar terhadap pemerintahan yang sah. “Di sini, sudah dua orang yang melaporkan terkait dengan gerakan tersebut. Dalam Pasal 107 tidak menunggu akibat dari perbuatan itu terjadi, sebab sudah ada ajakan sebagai tahapan-tahapan langkah persiapan,” jelas Kapolda di Hotel JW Marriott Medan, Kamis (9/5/19).

Kapolda mengingatkan, pihak-pihak yang terkait atas tindakan makar agar tidak kaget jika Polda Sumut menerapkan pasal tersebut. Kapolda tidak akan memandang orang yang melakukan makar meski itu melibatkan orang terkenal.

Tindakan makar ini muncul menyusul adanya rencana pihak tertentu yang ingin menunjukkan people power atas hasil penyelenggaraan pemilu. Kelompok itu menuding adanya berbagai kecurangan dalam pemilu.

Kapolda menambahkan bahwa pergelaran pesta demokrasi pada tahun ini terlihat sangat jujur dan transparan. Terlihat dari rekapitulasi rapat pleno yang dilakukan di seluruh Provinsi di Indonesia termasuk di Sumut sendiri.”Saya rasa kita bisa lihat sendiri kan, bagaimana pergelaran rapat pleno rekapitulasi yang dilakukan pihak penyelenggara, semua transparan tidak ada yang ditutup-tutupi,” terang Kapolda.

Untuk itu Kapolda mengharapkan, semua pihak bisa bersikap dewasa dan dapat menerima hasil yang ada. “Sepanjang dengan data yang benar, valid datanya kemudian di kroscek dengan penyelenggara yang ada, jangan data pihak yang lain dianggap salah, dan data dia sendiri yang benar,” tutup Kapolda.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password