Polda Sulut Redam Hoax Pasca Pemilu

Tribratanews.polri.go.id – Manado. Pemilihan umum (Pemilu) 17 April 2019 dinilai sudah berjalan jujur dan adil (jurdil), transparan serta terbuka. Meski ada sedikit permasalahan di sejumlah daerah, tapi menurut akademisi Toar Palilingan M.H., semua bisa diredam penyelenggara yang didukung Polda Sulut dan TNI.

Toar Palilingan M.H., menyebutkan bahwa Pelaksanaan penghitungan suara mulai dari TPS, PPK, hingga pleno kabupaten, sudah berjalan dengan baik.

“Dari awal saat pencoblosan, memang sudah berlangsung sesuai dengan yang diharapkan,” sebut Wakil Dekan III Fakultas Hukum UNSRAT tersebut.

Semuanya tidak terlepas dari peran TNI-Polri. Yang mampu mengawal proses penyelenggaraan sehingga pesta demokrasi Sulut boleh berjalan dengan lancar.

“Semua tahapan penghitungan suara yang ditetapkan melalui jadwal boleh terselenggara sesuai dengan tahapan-tahapan maupun tanggal-tanggal yang sudah ditetapkan,” katanya.

Itu semua juga tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, termasuk partai politik sebagai peserta maupun calon perseorangan lewat dukungan para saksi, juga penyelenggara yang tidak mengenal lelah baik dari jajaran KPU, Bawaslu serta keamanan.

Ia berharap kondisi seperti ini dapat berlanjut hingga pada tahapan pleno di tingkat provinsi dan seterusnya.

“Dinamika demokrasi itu ada. Ada proses dan lain sebagainya, karena bagaimanapun juga proses yang melelahkan seringkali juga ada kekeliruan, ada keteledoran dan kalau ada koreksi dan lain sebagainya lewat protes-protes itulah dinamika demokrasi, yang pasti segala sesuatu sudah terlaksana semua boleh berjalan lancar,” katanya.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password