Rencana Operasi Ketupat 2019 Untuk Pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah di Wilayah Malut

Tribratanews.polri.go.id – Ternate.Perayaan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah tahun 2019 di wilayah Maluku Utara (Malut), Kepolisian Daerah Malut mulai melakukan rencana pengamanan.

Rencana operasi Polda Malut tersebut, menyusul adanya penetapan zona mudik di beberapa Provinsi yang ditetapkan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) yakni Provinsi Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jogja serta Bali dan beberapa Provinsi di Indonesia yang dipaparkan dalam video conference (Vicon) dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., Selasa (07/05/19).

Kapolda menyampaikan persiapan Polda Malut dalam pengamanan Idul Fitri 1440 hijriah di wilayah Malut dimulai dari Operasi Ketupat. Operasi ketupat Polda Malut yang nantinya dilaksanakan selama 12 hari memprioritaskan jalur mudik seperti yang akan dilakukan Jakarta, Banten, Jawa Tenggah, Sumatera, Lampung, Jogja, Jawa Timur hingga Bali.

“Rencana pengamanan hari raya Idul fitri 1440 Hijriah, untuk kita di Malut melaksanakan operasi Ketupat 2019, dan prioritas dari Kapolri tadi adalah polda-polda yang masuk pada jalur mudik,” ungkap Kapolda Malut.

Jenderal bintang satu tersebut menambahkan, meskipun Provinsi Malut tidak masuk dalam zona mudik, namun pihaknya tetap melakukan operasi untuk menjamin perayaan Idul Fitri tetap berjalan aman dan lancar.

Dalam Vicon tersebut, Kapolri juga meminta untuk masing-masig polda agar membuat pos pelayanan masyarakat dan untuk Polda Malut ini sudah masuk pada operasi ketupat yang selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pos pelayanan untuk wilayah Malut masih akan terfokus di beberapa lokasi baik itu pelabuhan penyebrangan laut maupun badar udara (Bandara).

Meski begitu Kapolda mengaku, masih akan melakukan pemetaan untuk masyarakat yang paling banyak mudik, dan daerah yang peking banyak mudik akan dilakukan pengamanan.

“Kalau memang banyak yang mudik, maka daerah itu perlu kita jaga jangan sampai ada hal-hal yang kita tidak inginkan terjadi, untuk itu kita harus bisa menjamin perayaan Idul Fitri aman dan nyaman,” jelas Kapolda Malut.

(fn/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password