Polda Kaltim Amankan Kunjungan Presiden RI di Balikpapan

Tribratanews.polri.go.id – Balikpapan. Dalam rangka mengamankan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia di Balikpapan, Polda Kaltim dan Kodam VI Mulawarman menggelar apel kesiapan yang dilaksanakan di Halaman VIP Room Bandara SAMS Sepinggan, Selasa(07/05/19).

Untuk mengamankan kedatangan Presiden, Polda kaltim telah menurunkan sebanyak 1.145 personel gabungan baik itu dari personel TNI maupun Polri. Adapun tujuan kunjungan Presiden ke Provinsi Kaltim ini untuk meninjau salah satu kandidat lokasi sebagai Ibu Kota Negara pengganti DKI Jakarta yaitu Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kutai Kartanegara.

Kedatangan Presiden RI di Balikpapan dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan langsung disambut oleh Pangdam VI Mulawarman, Kapolda Kaltim dan unsur Muspida lainnya.

Dalam penjelasannya, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Ade Yaya Suryana mengatakan bahwa kunjungan presiden RI ke Balikpapan adalah dalam rangka untuk meninjau salah satu kandidat lokasi sebagai Ibu Kota Negara pengganti DKI Jakarta yaitu Taman Hutan Raya Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara. Bukit Soeharto memiliki luas sekitar 61 ribu hektare dan untuk menuju ke kawasan ini dapat di tempuh dengan jalan darat dari Samarinda kurang lebih sekitar 1,5 jam atau dari Balikpapan dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

“Rencana pemindahan ibu kota sudah dibahas secara internal sejak tiga tahun lalu dan telah dilakukan kajian olej Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) terkait sisi ekonomi, sosial, politik, dan lingkungan. Karena terdapat tiga alternatif daerah dengan luas wilayah bervariasi. Wilayah pertama memiliki luas 80 ribu hektare, wilayah kedua 120 ribu hektare, dan wilayah ketiga 300 ribu hektare. Adapun nilai pembangunan ibu kota baru diperkirakan mencapai Rp 480 triliun yang bersumber dari APBN, BUMN, dan investor swasta,” tutup Kabid Humas Polda Kaltim.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password