Usai Pemilu 2019, Wakapolda DIY dan Danrem 072/Pamungkas Tegaskan Kondisi Yogyakarta Aman

Tribratanews.polri.go.id- Yogyakarta. “Di Yogyakarta, kalau ditanya situasinya bagaimana, saya nyatakan aman,” tegas Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta. (6/5/19). Pernyataan tersebut disampaikan dalam deklarasi Seruan Bulaksumur untuk Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang juga dihadiri oleh perwakilan kampus-kampus se-Yogyakarta.

Dijelaskan oleh Wakapolda DIY, situasi aman tersebut berdasarkan tiga indikator. Pertama, kegiatan masyarakat telah berjalan dengan normal. Kedua, Pemerintah desa berjalan seperti semula. Ketiga, tidak ada pelanggaran atau gesekan selama pemilu, baik antara masyarakat dengan polisi maupun secara horisontal.

Wakapolda juga mengakui bahwa gesekan memang ada, namun sudah dilakukan tindakan lebih lanjut sampai diproses secara hukum.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Brigjen TNI Muhammad Zamroni. “Masyarakat kita semua baik-baik saja dan aman-aman saja,” tegas Danrem.

Sementara itu, Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengaku sempat was-was dengan kondisi Yogyakarta pascapemilu. Namun dirinya menegaskan bahwa sebetulnya situasi saat ini tidak seperti perang yang terjadi di media sosial. Ia berharap seruan yang dilakukan oleh para akademisi dapat menenangkan masyarakat bahwa negara Indonesia berjalan seperti biasa.

(af/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password